top of page

Keluar dari Zona Nyaman

Okey, mari dimulai dengan sesuatu yang masih fresh dalam ingatan saya.

Jadi begini, 9 Juli lalu saya mengikuti seleksi Abang Mpok Depok 2017. Jangan berfikir saya ini cantik secantik mba mba yang bikin perempuan lain iri setengah mati. Cukup bayangkan saya yang biasa aja ini berusaha untuk menjadi luar biasa.

Dimulai dari beberapa minggu sebelumnya ketika saya ikut lomba disuatu universitas dan kemudian bertemu dengan orang - orang hebat yang akhirnya memotivasi saya untuk melangkah lebih maju. Dari situ saya mulai mencari komunitas di Depok yang sekiranya bisa membantu saya untuk menambah ilmu dan pengalaman diberbagai bidang. Iya, saya seexcited itu. Tapi sayang seribu sayang, ternyata nyari komunitas itu gampang - gampang susah. Gampang kalau kamu udah tau nama komunitas dan mereka bergerak dibidang apa, tapi sulit kalau kamu bahkan ga tau nama - nama komunitas itu. Sampai akhirnya saya melihat postingan Abang Mpok Depok yang akan mengadakan seleksi. Okey, merasa ini kesempatan untuk mencari dan mengudek - udek informasi mengenai komunitas di luar sana, maka saya nekat untuk daftar.

Singkat cerita saya daftar ketika sedang dalam kondisi mudik ke Solo. Disini persyaratan untuk pendaftaran sedikit ribet karna harus ada foto - foto yang lebih baik dilakukan di studio. Okey, cari studio di kampung dengan kondisi libur lebaran gimana caranya?Hampir putus asa, dan untungnya cuma hampir. Kalau sampai benar putus asa, saya ga akan bisa menulis disini. Selanjutnya saya nekat dengan modal google maps berkeliling kota Solo mencari studio foto yang buka berdua dengan adik saya yang baru lulus SD. Ketemulah dengan tempat PhotoCopy yang menawarkan jasa foto studio dihari ke-3 setelah lebaran.

Zonk, bener zonk. Fotonya muka putih, tangan cokelat dan kaki hitam. Buruk pemirsah, rasanya mau ulang tapi mubazir, dan berakhir dengan kenekatan. Okey, dresscode foto ini sedikit menyusahkan bagi saya. Harus menggunakan office attair dimana ada balzer, rok span, kemeja disertai heels minimal 7cm. Saya yang setiap harinya pake sendal teplek ini udah jelas ga punya heels, mentok - mentok ada wedges yang buat wisuda SMA yang mana baru dipake sekali. Alhasil nekat deh, beli heels dipinggir jalan yang semoga aja pas dipake buat seleksi ga patah. Dan satu lagi, harus bermake up. Plis banget, saya yang mentok - mentok ke kampus pake lipstick itu juga kalo inget harus bermake up yang mana ga punya, bedak aja ga ada. Yaudah nekat beli, beli di pasar hahahaha. Sumpah, modal +- 50rb alat make up lumayan lengkap, kecuali lipstick pake yang jaman dahulu kala.

Beres masalah pendaftaran, pas baca - baca ulang ternayata pas seleksi harus menggunakan soflens......pengen nangis rasanya. Alhasil sehari sebelum TM belilah soflens di melawai, perdana nih bener - bener ga tau apa yang harus dibeli. Untung banyak temen yang emang biasa pake soflens, jadi dikasih tau apa aja yang harus dibeli. Contohnya ya, air soflens, tempat soflens, jangan lupa ya soflensnya. Berat deh ini pendaftaran dan seleksi, emang ga dipungut biaya tapi duitnya yang keluar bikin puasa jajan makanan.

Akhirnya tibalah saatnya TM, disini saya minder sumpah. Minder seminder -mindernya perempuan minder. Merasa sangat keciillllll. OMG, Oh Mama aku mau mundur!!!Tapi.....yakali udah sampe sejauh ini malah mundur, rugi bandar dong. Iya, akhirnya hantam aja maju terus pantang mundur.

Ternyata oh ternyata, penderitaan saya belum selesai sampai disitu, pas seleksi nanti harus kudu wajib pake bulu mata palsu. Jengjeng, panik. Beli lagi deh tuh si bulu mata palsu yang jelas banget saya ga tau cara makenya. Mau nangis aja bener. Malem setelah TM yang mana baru selesai menjelang magrib itu, saya belajar pake soflens. Iya, saya baru belajar malem itu, padahal besoknya harus udah terbiasa. Nangis aja dulu sebentar, makenya pertama kali susah banget. udah nyolok nyolok ke mata tapi ga nempel. Dengan segala kekuatan akhirnya nempel juga dan ya itu ga terbiasa, sampe - sampe soflensnya kaya kebalik jadi ngeganjel gitu. My mom kesel kali ya mendengar rintihan saya, sampe nyuruh menyerah aja ga usah jadi ikut. Oh Tuhan saya butuh dukungan bukan malah disuruh berhenti. Akhirnya dengan terseok - seok saya tetep lanjut. Belajar sebentar dengan mata terkantuk - kantuk. Sebenernya ada modul yang diperjualbelikan pas TM, tapi saya ragu buat beli karena kayaknya semua ada diportal resminya.

Setelah menahan kantuk untuk baca sedikit tentang depok dan pariwisata, akhirnya saya terlelap. Iya, saya masih bisa tidur disaat harusnya saya belajar. Jalanin ajalah, namanya juga coba - coba, itu pikiran saya.

Akhirnya hari H nih, disini saya subuh udah siap - siap dengan segala ga pede yang ada pada diri saya. Menjelang hari ini tuh jerawat saya berasa genit mau muncul semua. Miris aja, harusnya tampil maksimal tapi ada jendul - jendul jerawat. Make up....cukup bedak dan segala pritilan yang gampang aja saya aplikasiin, bahkan bulu mata ga saya pasang. Ga bisa hayati bang, nyerah pake bulu mata. Untung ini masih lancar pake soflens.

Sampe ditempat seleksi, jengjeng....yang lain cantik banget ya Allah. Bener - bener dahsyat ciptaanMu. Gila aja, bening semua coy. Oke fokus ke seleksi. Diseleksi pertama ini terdiri dari pos - pos dan tes tertulis. Soalnya ga terlalu susah sih menurut saya, standar. Apalagi yang punya modul, hampir 85% disitu semua, sisanya bener - bener ilmu pengetahuan kita. Saya pede aja kalo masalah jawaban, saya ngerasa lumayan kok. Tapi ya itu, saya disuruh touch up berkali kali. HAHAHAHA iya kayaknya make upnya luntur. Ya bayangin aja dari subuh sampe siang itu saya udah dua kali disuruh touch up, terus pas abis sholat juga, gila ga sangghhuuppp.

Ga sampe disitu aja, jadi kita nih para peserta harus kudu wajib senyum, dan setiap pos itu ada salam sembah hehhehe ga kuat pake "mende" mana pake heelskan. Mnede itu yang setengah jongkok setengah diri, posisi buat nari itu loh. Jadilah keringet aja ngucur yaaa wajar aja make upnya luntur.

Singkat cerita pengumuman, pengumuman siapa aja yang lolos itu jam 9an malem, iya mana mungkin saya lolos. Saya ga lolos, jelas. Mereka yang lolos adalah mereka yang emang good looking, bahkan dijam segitu dari subuh mereka masih seger mukanya dan emang pantes buat dijadiin "ikon".

Segitu itu sih pengalaman saya ikut seleksi Abang Mpok Depok 2017. Apa aja sih yang saya dapat? Disini saya dapet banyak banget ilmu, pokoknya bener - bener ga nyesel ikutnya deh.

1. Belajar pake soflens (tahun lalu saya mau ikut tapi takut banget pake soflens, akhirnya mundur dan tahun ini dipaksakan untuk berani.)

2. Belajar make up (sejatinya perempuan memang harus mengerti walaupun jarang diaplikasikan setidaknya mengerti juga cukup)

3. Belajar terbiasa pakai heels (ya kali suatu saat nemu cowo ganteng minta ditemenin ke kondangan tetep aja pake sendal teplek)

4. Ilmu Ke-menarik-an(?) (saya jadi paham, kalo pada dasarnya yang dibutuhkan itu bagaimana kita membuat diri kita terlihat menarik dimata orang yang melihat. memang pada dasarnya jangan melihat dari penampilan, tapi penamilan menyumbang nilai besar untuk ketertarikan orang terhadap diri kita)

5. Senyum. (ini ternyata penting juga, bagaimana kita menanggapi orang lain dengan senyuman baik itu suka maupun ga suka. Senyum ternyata jadi poin penting juga untuk membuat orang lain nyaman dengan diri kita)

6. Berani (saya dituntut untuk berani maju walupun saya benar - benar ragu. saya dituntut bagaimana caranya agar apa yang saya ragukan menjadi sesuatu yang dapat dibanggakan, at least ga memalukan.)

Dan masih banyak lagi pelajaran berharga yang saya dapat, initinya sih sebenernya ga harus banget ikut ginian buat bisa belajar beberapa hal tersebut. Simpel aja, kita harus bisa menarik, bukan cantik ataupun tinggi (hiks, karna persyaratan umumnya harus memiliki spesifikasi tinggi tertentu). Karena dengan menarik, kamu yang pendek pun bisa mengakali bagaimana bisa terlihat tinggi (ini serius, ada yang mini dan dia ngakalin dengan pake heels 12cm dan lolos!!). Yang terpenting itu bener - bener good looking, gimana caranya enak dilihat. Buat kamu kamu yang belum berani mencoba, selamat berdebat dengan hati dan pikiran untuk menghalau keraguan apakah mau ikut tahun depan atau ga. Untuk yang sudah berani namun gagal, jangan sedih ya kamu bisa ikut tahun depan ataupun di organisasi lainnya. Untuk saya sendiri yang sudah berani memulai namun masih gagal, semoga dan semoga untuk saya kedepannya, aamiin.

Semoga bermanfat!

bottom of page