top of page

Apa sih target kamu?

Selamat soreiii.

Gimana kabarnya kamu yang disana?

Ah cukup, saya aja udah ga kepikiran kamu kali ini siapa. Sooooo lanjut aja ya ke pembahasan hari ini

Kali ini saya masih tertarik hal - hal yang berbau kereta dan pkl. Iya, semenjak jadi penghuni kereta jadi sadar hal - hal kecil yang sebenernya dan ternyatanya tuh berdampak besar. Oohh Noooo, jadi selama ini saya ketinggalan beberapa atau bahkan banyak langkah dalam menjalani hidup.

Contoh ya ini, kita bahasnya dalam konteks contoh aja karena kalo dijabarin bakal banyaaaakkk. Hmmm contoh pertama adalah wangi. Saya dulu pake parfum tuh ogah banget. Pusing sumpah dengan aroma yang menyengat. Kemudian akhirnya mulai tergugah tuh semenjak ikut Abang Mpok Depok, gimana pentingnya aroma. Ga cuma ga bau, tapi kita juga dituntut untuk punya aroma. 

Disini saya mikirin deh tuh, aroma itu bener bener mempengaruhi mood gaiisss. Coba aja bayangin ketika kalian ngobrol sama orang yang aromanya enak ga cuma 'ga bau', rasanya betah pasti di deket dia walaupun ga ngomong apa apa. Simpel bangetkan? Apalagi nih buat penghuni kereta jam jam balik kerja. Udah pengap, cape seharian, terus dikereta harus berada diantara ketiak ketiak yang bau, oooootidakk silahkan angkat tangan. 

Contoh yang saya dapet selain wangi adalah 'mau ngapain saya tahun depan?'. Jadi sebenernya ini yang mau saya fokusin. Masalah aroma tadi yaaa itung itung salam pembuka, hahaha.

Apa sih yang kamu bayangkan satu tahun ke depan? Kamu jadi apa? Apa yang sedang kamu lakuin? darimana kamu dapatkan penghasilan? Gimana bentuk badan kamu tahun depan? Banyak loh sebenernya yang harus nya udah kita planningkan ke depannya. Kelihatannya simpel ya, jawab aja 'tahun depan saya lulus mau langsung kerja'. Tapi......gimana cara dapetin kerjanya? Gimana cara saya bisa lulus? Gimana bentuk badan saya pas wisuda nanti? Nah loh komplitkan, sampe bentuk badan pun berpengaruh. Dan banyak gimana gimana lainnya.

Kerasa ga kerasa, tahun 2017 itu udah mau berakhir dan sampe sekarang saya masih galau apa yang bisa saya persiapkan buat tahun yang akan datang.

Bahkan target saya tiap bulan itu bisa berubah ubah. Bulan ini saya nargetin, tahun depan saya harus punya kedai makanan. Bulan selanjutnya akan berubah jadiiiii, misalkan 'duh kedai makanan susah, mungkin lebih gampang kalo jual baju'. Pemikiran pemikiran yang kurang mateng yang sebenernya bikin sering berubah. Apalagi nih kalo step step untuk ngewujudin target itu belom sama sekali dijalanin, bah udah aja itu berubah tiap hari juga bisa.

Selanjutnya, yang bisa kita lakuin yaaaaa melakukan step step yang sekiranya memicu terwujudnya target tersebut. Ini bagian paling berat, yaitu memulai. Saya akuin deh, memulai tuh berat banget. Bawaannya pastiiiii males, yakan? Tapi coba deh dipikirin lagi, semakin  menunda hari kamu 'memulai' semakin jauh itu target bisa teewujud. Jauhhhhh banget coy, bahkan bisa jadi temen temen kamu nih diem diem udah ada di step teratas. Bah, nyeselnyaaaaa bukan main.

Percaya aja sama statement yang bilang 'the more you reveal, the more people wonder'. Kamu boleh jadi nih nyaman sama zona ini, tapi cuiiii temen temen kamu, dibalik 'keterdiaman' mereka, ternyata udah ada serentetan pencapaian yang kita ga tau. Tiba tiba, 'wah gila udah setara direktur aja gajinya'. Padahal, mereka juga sama sama berjuang, cuma ya itu yang kamu lihat bagian enaknya aja, cuma ya itu, kamu masih di kasur pas dia udah belanja ke pasar. Simpel gaiiiss.

Terussss hubungan semua ini sama pkl apa ya? Hmmm pkl nih sebenernya tempat bagus buat kamu membangun relasi dan kepercayaan. Pas banget buat nyari pasar. Kalopun emang tujuan kamu ga sebidang dengan apa yang kamu lakuin sekarang, no prob kok. Kita tetep butuh relasi. Ibaratnya ya, kamu lagi dibidang konveksi, sementara yang kamu minatin adalah kuliner. Tebas aja, siapa sih yang ga butuh makan? Atau puter deh, kamu di bidang kuliner dan minat di konveksi, tebasssss. Penjual makan juga butuh baju.

Jadi intinya apa? Simpel aja, saya cape berjuang sendiri. Jadi disini saya ngajak kamu nih, iya kamu, yuk berjuang. Semisal rencana kita ga semudah apa yang kita bayangkan, baru deh kita pasrah sama Tuhan dan yang jelas banget sih emang rencana Tuhan ga ada duanya. Jadi kalo kamu udah berjuang tapi kok ga ada hasil, santai cuiii kamu ga sendirian.

bottom of page