top of page

Menjadi apa yang orang lain mau

Kali ini, mau menceritakan bagaimana bisa masuk ke dalam keluarga besar Politeknik Negeri Jakarta. Cerita lama banget sih, basi. Tapi kaya ingin mengingat apa tujuan saya masuk sini, pasalnya saat ini lagi berada di masa - masa "duh, kok males banget kuliah ya?" atau "duh, ga bisa susah banget mata kuliahnya" apalagi yang lebih parah "kok ip gue segini gini aja ya". Iya gitu, jenuh.

Jadi gini, 2015 setelah saya lulus dari SMA Darul Hikam Bandung saya pulang ke kampung halaman a.k.a Depok. Saya tidak lagi diijinkan untung melalnglang buana selama perkuliahan, mungkin mama saya tau kali ya pas SMA saya bandel.....dikit kok.

Akhirnya dengan segala kerendahan hati, okey saya kuliah di Depok, tapi ya apa boleh buat di UI ga diterima maka melancong ke PNJ ini yang orang suka salah denger jadi UNJ. Sabar, emang gitu kalo dibaca suka keseleo.

Waktu itu....saya masih punya gebetan. Iya gebetan, gebetan pertama yang saya seriusin dan berharap udah dia aja yang jadi suamik, dulu. Dulu ya itu. Kok malah curhat masalah itu.....oke bact to the topic.

Jadi disini bapak saya yang yaaaa bisa dibilang kontraktor keciiillll dengan segala kerendahan hati meminta saya masuk jurusan sipil, ya masuklah saya disitu walaupun ga mau banget ketemu lagi dengan dunia hitung menghitung. Dalam pikiran saya, tujuan saya apalagi kalo bukan ngebanggain beliau?Yaudah ikhlaslah masuk sini jurusan teknik sipil.

Di politeknik, jurusan itu kaya fakultas di universitas dan program studi itu kaya jurusan. ya begitu deh. akhirnya saya masuk ke keluarga besar managemen konstruksi....D3, iya 3 tahun abis itu lulus tapi gelar diploma bukan sarjana. Nah si mantan gebetan saya itu 3 tahun....tapi sarjana, sempet miris sekseksek gitu pas ngebayangin lulusnya hampir barengan tapi gelarnya beda. Tapi.....ya jalanin aja.

Di PNJ itu ya udah kaya SMA cuma bedanya pake seragam. Kenapa? Disini jam masuk kita jam setengah 8, ga boleh telat, kalo telat ya ada hukuman. Bener ga bohong. Kehadiran itu mempengaruhi 30% dari nilai dan persenan terbesar diduduki oleh nilai ujian. Beda sama kampus lain yang persenan kehadiran kecil dan tugas yang besar, makanya kalo dikampus lain itu dapet IP gede udah biasa.....tapi khusus sipil ya, karena saya di sipil.

Selain itu kita memiliki kelas tetap per semesternya, jadi bukan moving class nyari dimana dosen, tapi masih dosen yang nyari kita kelasnya dimana. Hampir selalu masuk dosen tuh, dan kalo ga masuk hampir selalu ada pengganti. Bener - bener kaya SMA. Namanya politeknik ya ada prakteknya, kalo praktek ini tergantung program studi, tapi disini saya akan cerita khusus program studi saya ya.

Jadi, praktek disini ada yang namanya Bengkel dan Lab, tapi khusus manajemen konstruksi cuma dapet bengkel. Bengkelnya juga macem - macem, ada baja, beton, perancah, dsb. Bengkel itu bener praktek. misalkan Baja, disini bakal diajarin gimana caranya ngelas listrik, asitelin, ngikir, gerinda, gergaji semua yang berhubungan dengan besi pokoknya. Ga pandang bulu, mau kamu perempuan juga tetep harus melakukan itu semua, tapi seru. Kadang kamu bakal ngerasa hebat bisa berani dengan api - api yang wah pokoknya kalo dilihat anak selain sipil mah "serem banget tuh, ga takut tangannya kepotong" atau "ga takut kena percikan apinya?"

Semua itu aman, asal sesuai prosedur ya. Jadi ada project - projectnya gitu. Kalo baja saya kemarin itu bikin rangka atap. Yaudah bener bikin, ngebor, motong, ngelas itu dilakuin kurang lebih dua minggu dan seru abis, kaya enakan praktek dari pada belajar di kelas. Tapi yang malesnya, terbitlah laporan setelah praktek. Biasa, kalian juga pasti tau laporankan.

Terus disini, kamu ga bisa ngulang mata kuliah. Misalkan kamu dapet C, terus mau ngulang biar dapet A, jangna deh biar dapet B+ itu tuh ga bisa. Bisa, tapi kamu harus ngulang kelas, bukan ngulang mata kuliah. Iya, ikut sama kelas taun depan. Ga ya makasih saya mah begini aja udah empot - empotan. Jadi ya IP segini juga udah syukur alhamdulillah deh saya mah. Curhat dikit, IP saya udah kaya perosotan curam, bener - bener turun drastis dari ip pertama waktu masih punya gebetan, semakin kesini semakin turun (ya walaupun ip semester terakhir sedikit naik, alhamdulillah). Sebabnya apa ya, kalo saya prediksi sih karena saya suka disuruh untuk mulai belajar kerja sama bapak saya. Besoknya ujian, malemnya lembur ngerjain kerjaan. Yaapalah hayati yang berstatus anak tidak bisa mengelak. Terus satu lagi, saya punya prinsip jangan nyontek. Saya ngerasa malu sendiri sebenernya kalo nilai jelek. Pernah saya itu udah belajar, cuma karna ujiannya close dan ini adalah ujian struktur beton dimana banyak rumus dan perlu juga dimengerti, saya cuma mentok sampe mengerti, hafalnya belom. Ga sanggup otak saya buat menghafal cepet tuh. Alhasil pas ujian saya baca soal, dan blank.....lupa rumus dari awal dan berakhir dengan nulis ulang soal dan tidur. Kurang lebih 30menit saya tidur dan langsung kumpul. Hehehehe temen saya ngira saya jago banget hehhehe ga tau aja mereka heheheh. Ya begitu, tapi saya ngerasa pantes dengan ip saya sekarang. Memang segitu kemampuan saya, kalo saya nyontek terus ip gede gimana saya mempertanggungjawabkan nanti pas kerja?oh no.

Intinya sih kalo emang kamu punya prinsip, jangan takut buat pertahanin selama prinsip itu baik dan benar. Kalo prinsip kamu, nyontek dulu tanggung jawab itu mah urusan belakangan ya salah. Tapi kalo prinsip kamu nyontek dengan alasan yang baik dan benar, coba kasih tau saya. Siapa tau saya bisa mengikuti jejak kamu.

Tahun depan saya sidang, aamiin. Minggu depan saya praktek lapangan kerja alias sejenis magang. Harap - harap cemas sama semua ini sebenernya. Bahkan saya kaya ga tau nantinya mau jadi apa dengan jurusan ini. Mimpi saya masih berbau kuliner, belum sejenis ini. Jadi sejauh ini yang bisa saya lakuin, selama itu baik saya jalani.

Untuk kamu yang masih ragu, jangan mundur! Di depan sana ada banyak pengalaman seru yang menanti. Pengalaman yang membantumu mengeja bahwa dunia ini ada banyak yang harus dipelajari dan ada banyak pelajaran yang masih harus kamu nikmati. Semangat dan selamat berjuang!

bottom of page